Rabu, 27 April 2011

Nyaman Jelang Menstruasi


Perut bagian bawah terasa diremas-remas, nyeri sekali, payudara tegang dan nyeri kalau ditekan. Emosi labil dan tingkat konsentrasi rendah. Jerawat bermunculan memenuhi wajah. Bahkan, bisa sampai menimbulkan depresi. Dapatkah gejala-gejala itu diatasi?
Kapan Harus Curiga...
Haid teratur tidak berarti akan selalu muncul di tanggal yg sama setiap bulannya. Teratur disini lebih dalam artian memiliki periode tertentu, misalnya setiap 20-21 hari selama rata-rata 7 hari.
Di hari-hari menjelang dan selama menstruasi, seringkali muncul berbagai keluhan fisik maupun psikis yg istilahnya "pre-menstrual syndrome". Jika keluhan masih dalam tahap wajar, hal itu dapat diabaikan. Apalagi, penyebabnya pun tidak diketahui pasti selain bahwa kemungkinan besar terjadi lantaran perubahan kadar hormon menjelang dan selama menstruasi.
Sebaliknya, bersikaplah curiga jika keluhan yg terjadi sampai menyebabkan nyeri yg hebat bahkan pingsan. Umumnya nyeri hebat menjelang haid dipicu oleh kehadiran kista, endometriosis ataupun tumor. Kondisi ini harus segera mendapat pemeriksaan oleh ahli.

Upaya Kenyamanan,,,
Selama masih dalam tahap wajar, ada beberapa aktivitas yg dapat mengurangi keluhan-keluhan pramenstruasi hingga masa menstruasi, antara lain :
OLAHRAGA, idealnya berolahraga tidak hanya dilakukan dimasa-masa menjelang dan saat menstruasi saja. Jadikan kebiasaan baik ini sebagai bagian dari pola hidup sehat. Berkat olahraga, tubuh akan terasa lebih segar dan sehat sehingga rasa sakit saat menstruasi otomatis berkurang. Olah fisik juga dapat mengalihkan pikiran dari rasa sakit. Pilih bentuk olahraga yg disukai, apakah itu fitness, jalan kaki, lari, tenis, voli,dll.
MAKAN BERNUTRISI, proses menstruasi sebenarnya menguras cadangan nutrisi sehingga tubuh harus memperoleh kembali asupan makanan yg tepat sebagai penggantinya. Karena itu, terutama saat haid, pola makan yg sehat dan bergizi harus diperhatikan. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yg merangsang lambung seperti kopi, soda atau makanan bergas seperti kol, durian atau nangka.
OBAT"An, keluhan nyeri perut yg hebat, jika diperlukan, dapat diatasi dengan obat"an hormon atas rekomendasi dokter ahli. Sejauh ini pemberian obat"an hormon masih dianggap aman selama diberikan dalam dosis tepat.
KONSUMSI SUPLEMEN, minuman suplemen dari bahan herbal yg dijual bebas boleh saja dikonsumsi jika dianggap memberikan manfaat. Pastikan produk itu terjamin kebersihan dan keamanannya.
BERSIHKAN WAJAH SECARA TERATUR, agar jerawat tidak menghebat, rajin-rajinlah membersihkan muka dengan susu pembersih atau sabun muka sesuai jenis kulit. Cara ini selain dapat membantu mengurangi jerawat, juga membuat kulit tetap berasih, segar dan tidak kusam.
DOKTER HELP Me, keluhan yg sangat mengganggu hendaknya tidak diatasi sendiri, segera konsultasikan pada dokter spesialis obstetri ginekologi sehingga penyebab pastinya (seperti kista, endomestriosis, atau tumor) dapat segera terdeteksi secara dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Dear Diary Blogger Template